MOTIVEDU - Bagaimana tahapan yang ditempuh suatu negara agar jadi negara maju?. Tahap pertumbuhan ekonomi di suatu negara yaitu melalui tahap-tahap perkembangan, termasuk pola kehidupam masyarakat bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan ekonomi, serta mata pencaharian masyarakat.

Menurut W.W Rostow, setiap negara di dunia dapat dikelompokkan dalam salah satu tahapan pertumbuhan ekonomi. Apa saja tahap-tahap pertumbuhan ekonomi? berikut selengkapnya.


tahap-pertumbuhan-ekonomi
Ilustrasi tahap pertumbuhan ekonomi


1. Tahap Masyarakat Tradisional


Tahap ini bisa dibilang sebagai tahap awal. Pada tahap ini, Rostow menjelaskan bahwa tahap masyarakat tradisional sebagai suatu masyarakat  yang strukturnya berkembang di dalam fungsi produksi yang terbatas dan didasarkan kepada teknologi, ilmu pengetahuan, serta sikap masyarakat.
Selain itu, ciri-ciri tahap masyarakat tradisional diantaranya yaitu.

- Pendapatan perkapita dan produktivitas kerja masih sangat terbatas
- Sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani atau di sektor pertanian
- Struktur sosial bersifat hierarki, artinya anggota masyarakat memiliki kemungkinan sangat kecil dan mengadakan mobilitas secara vertikal.
- Bidang politik dan pemerintahan biasanya terdapat sentralisasi
- Kebijakan yang diambil pemerintah dipengaruhi oleh pandangan-pandangan tuan tanah

2. Tahap Prasyarat Lepas Landas


Di tahap ini, Rostiw mengartikan pembangunan ekonomi sebagai suatu proses yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan ciri-ciri penting dari suatu masyarakat, seperti perubahan sistem politik, struktur sosial, nilai-nilai yang ada di masyarakat, dan kegiatan ekonominya. Apabila terjadi perubahan seperti itu, maka proses pertumbuhan ekonomi bisa dikatakan sudah mulai berjalan.

Menurut Rostow, tahap prasyarat lepas landas merupakan masa transisi pada saat masyarakat sudah mempersiapkan dari luar untuk mencapai pertumbuhan yang memiliki kekuatan untuk terus berkembang (selfsustained). Masyarakat sudah mulai menggunakan teknologi di tahap ini.

Tahap prasyarat lepas landas dibagi menjadi dua kelompok. 
- Kelompok Pertama: kelompok masyarakat yang mengalami perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern seperti negara-negara Asia Afrika, Eropa, dan Amerika Latin.
- Kelompok kedua: kelompok masyarakat yang berubah langsung menjadi masyarakat modern tanpa melewati masyarakat tradisional terlebih dahulu, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

3. Tahap Lepas Landas


Tahap pertumbuhan ekonomi selanjutnya adalah tahap lepas landas. Berbeda dengan tahap prasyarat lepas landas, tahap lepas landas merupakan masa berlangsungnya perubahan secara signifikan yang telah terjadi di masyarakat, seperti revolusi politik dan kemajuan yang pesat dalam bidang inovasi. Adapun ciri-ciri tahap lepas landas yaitu:

- Terwujudnya kenaikan dalam penanaman yang produktif dari 5% - 10% yang berasal dari Produk Nasional Netto (Netto National Produk)
- Terjadinya tingkat laju perkembangan yang tinggi di beberapa sektor industri
- Terdapat suatu panggung politik, sosial, dan institusional baru yang dapat menjamin segala tuntutan dalam memperluas di sektor modern dan potensi ekonomi ekstern yang dihasilkan dari kegiatan lepas landas, sehingga pertumbuhan tersebut dapat terus berjalan.

Pada tahap ini, Rostow menentukan bahwa kenaika tingkat penanaman modal sangat diperlukan sebagi prasyarat untuk mencapai lepas landas. Hal ini dilakukan karena dengan menciptakan keadaan tersebut, perekonomian dapat berkembang lebih maju dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan penduduk.

4. Tahap Menuju Kedewasaan


Menurut Rostow, tahap ini merupakan masa dimana masyarakat sudah efektif dalam menggunakan teknologi modern pada sebagian besar faktor produksi dan sumber daya alamnya. Adapun ciri-ciri tahap menuju kedewasaan adalah sebagao berikut.

- Sektor-sektor perekenomian telah berkembang lebih lanjut
- Muncul sektor-sektor pelopor baru yang mengantikan sektor-sektor lama yang mengalami kemunduran
- Pendapatan perkapita masyarakat semakin meningkat karena adanya dukungan dari perkembangan industri modern yang memiliki modal yang besar sekitar 10%-20% dari pendapatan nasional yang digunakan untuk investasi.

5. Tahap Konsumsi Tinggi


Nah, sampailah pada tahap akhir. Disini perkembangan negara menekankan pada masalah-masalah produksi, seperti kata Rostow. Terdapat tiga tujuan masyarakat yang bersaing dalam mendapatkan sumber daya yang tersedia dan dukungan politik.

- Memperluas kekuasaan dan pengaruh negara ke luar negeri yang dapat berwujud dengan penaklukan negara-negara lain.

- Menciptakan welfare state, merupakan kemakmuran yang lebih merata dengan mengusahakan pendapatan yang merata melalui sistem perpajakan progresif.

- Meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat pada barang-barang tahan lama dan mewah serta mengyrangi konsumsi keperluan utama, seperti makanan dan pakaian.

Demikian pembahasan mengenai tahap pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Dari kelima tahapan ini, kita dapat mengelompokkan yang manakah negara maju dan berkembang. Semoga membantu

Oleh Day

September 28, 2020

Artikel Terkait

<
Buka Komentar

Jadilah orang pertama yang berkomentar!