MOTIVEDU - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Tangerang Selatan (2018) mengatakan persoalan pembangunan di Indonesia, khususnya di desa, bukan lagi soal ada tidaknya anggaran. Pada beberapa periode pemerintahan sebelumnya, ketiadaan anggaran kerap menjadi alasan dan masalah utama pembangunan pedesaan.

Sri Mulyani menyebut persoalan yang hadapi adalah mengisi ruang bagi pihak-pihak untuk bisa menjaga pembangunan agal berdampak riil di lapangan. Selain itu juga untuk menjamin kenaikan anggaran pendidikan bisa ikut menaikkan kualitas sumber daya manusia, maupun kenaikan anggaran kesehatan guna mengurangi penyakit dan memberi layanan kesehatan.


pembangunan-pedesaan
ilustrasi

Permasalahan Pembangunan Pedesaan


Permasalah yang dihadapi dalam pembangunan Desa umumnya berada pada masalah stuktural dan sosial budaya. Adapun masalah utama pembangunan pedesaan  yaitu :

Masalah Sosial Budaya


1. Rendahnya tingkat pendidikan

Rendahnya pendidikan ini menjadi akar permasalahan bahwa kurangnya inisiatif masyarakat dalam menghadapi masalah-masalah dalam kehidupan mereka. Mereka hanya memikirkan bagaimana caranya agar tetap mempertahankan hidup tanpa memikirkan bagaimana nasib generasi penerus bangsa di masa yang akan mendatang. Karena minimnya pendidikan masyarakat hal ini menyebabkan dari seluruh penduduk desa hampir 95% penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Selain itu masalah rendahnya pendidikan juga menjadikan kendala dalam penerapan inovasi yang dilakukan oleh penyuluhan.

2. Minimnya sarana dan prasarana di pedesaan

Salah satu penyebab daerah pedesaan masih terisolasi atau tertinggal adalah masih minimnya prasarana dan sarana transportasi yang membuka akses daerah pedesaan dengan daerah lainnya. Kondisi prasarana dan sarana transportasi yang minim berkontribusi terhadap keterbelakangan ekonomi daerah pedesaan

3. Terbatasnya lapangan pekerjaan di pedesaan

Dominasi sektor pertanian sebagai matapencaharian penduduk dapat terlihat nyata di daerah pedesaan. Sampai saat ini lapangan kerja yang tersedia di daerah pedesaan masih didominasi oleh sektor usaha bidang pertanian. Kegiatan usaha ekonomi produktif di daerah pedesaan masih sangat terbatas ragam dan jumlahnya, yang cenderung terpaku pada bidang pertanian (agribisnis). Aktivitas usaha dan matapencaharian utama masyarakat di daerah pedesaan adalah usaha pengelolaan/ pemanfaatan sumber daya alam yang secara langsung atau tidak langsung ada kaitannya dengan pertanian.

Masalah ekonomi


Jika di daerah perkotaan geliat perekonomian begitu fenomenal dan pantastis. Sebaliknya, hal yang berbeda terjadi di daerah pedesaan, dimana geliat perekonomian berjalan lamban dan hampir tidak menggairahkan. Roda perekonomian di daerah pedesaan didominasi oleh aktivitas produksi. Aktivitas produksi yang relatif kurang beragam dan cenderung monoton pada sektor pertanian (dalam arti luas : perkebunan, perikanan, petanian tanaman pangan dan hortikultura, peternakan, kehutanan, dan produk turunannya). Kalaupun ada aktivitas di luar sektor pertanian jumlah dan ragamnya masih relatif sangat terbatas. Aktivitas perekonomian yang ditekuni masyarakat di daerah pedesaan tersebut sangat rentan terhadap terjadinya instabilitas harga. Pada waktu dan musim tertentu produk (terutama produk pertanian) yang berasal dari daerah pedesaan dapat mencapai harga yang begitu tinggi dan pantastik

Masalah Geografis


Di Indonesia mempunyai tingkat kesuburan tanah yang berbeda disetiap wilayah. Tingkat kesuburan tanah juga sangat berpengaruh dalam pembangunan desa, desa yang mempunyai keadaan tanah yang subur cenderung akan mempengaruhi hasil tani yang akan dihasilkan. Semakin baik dan banyak hasil tani yang dihasilkan oleh desa tersebut maka akan sangat mempengaruhi dari pendapatan masayarakat itu sendiri. Semakin besar pendapatan masyarakat maka pertumbuhan ekonomi didesa tersebut akan semakin baik. Letak wilayah desa juga sangat mempengaruhi dari pembangunan desa itu sendiri. Desa yang yang letak wilayahnya lebih strategis yang dalam hal ini dekat dengan peradaban kota akan berbeda dengan desa yang letaknya sulit dijangkau. Desa yang letaknya sulit dijangkau akan cenderung akan mengalami pembangunan ekonomi yang lambat.


Solusi Pembangunan Pedesaan


Setelah mengetahui ketiga masalah utama embangunan pedesaan, selanjutnya adalah solusi apa yang bisa ditawarkan agar menyelesaikan permasalahan pembangunan pedesaan di Indonesia. Berikut adalah beberapa solusi pembangunan pedesaan.

  1. Pembentukan BUMDES Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi perdesaan
  2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)
  3. Pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan
  4. Memperketat pengawasan uang desa melalui keterlibatan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Trasmigrasi, Komisi Pemberantasan Korupsi, serta LSM dan pelaporan penggunaan yang terperinci untuk meminimalisir penggunaan dana desa yang tidak tepat.
  5. Fokus pengembangan wilayah tertinggal dan terpencil
  6. Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta pemenuhan kebutuhan pokok rakyat

Penciptaan lapangan pekerjaan nonpertanian di perdesaan merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat perdesaan. Untuk itu, langkah-langkah kebijakan yang ditempuh meliputi (1) meningkatkan keberdayaan masyarakat perdesaan melalui penguatan kelembagaan dan modal sosial masyarakat perdesaan serta pengembangan kemampuan dan kemandirian masyarakat perdesaan dalam pengelolaan pembangunan; (2) memperkuat keterkaitan kawasan perdesaan dengan perkotaan serta keterkaitan antarsektor pertanian dengan sektor industri dan jasa berbasis sumber daya lokal; (3) memperbaiki tingkat pelayanan prasarana permukiman dan ekonomi perdesaan; (4) meningkatkan kapasitas pemerintahan di tingkat lokal dalam mengelola pembangunan perdesaan secara partisipatif; dan (5) mengembangkan dan memantapkan kelembagaan sosial ekonomi dalam rangka pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan akses masyarakat perdesaan ke modal usaha. Jika memperhatikan karakteristik umum permasalahan kesejahteraan rakyat dan kualitas hidup masyarakat desa, langkah-langkah tersebut dilakukan dengan memperhatikan kesetaraan gender. 

Demikian penjelasan mengenai masalah utama pembangunan pedesaan dan solusinya. Semoga bermanfaat.
Oleh Day

Juli 02, 2020

Artikel Terkait

> <
Buka Komentar

Jadilah orang pertama yang berkomentar!